Wali Kota Dumai H. Paisal, SKM, MARS di Dampingi Ka. DisPU Riau Satrya Alamsyah, ST, MT Keberadaan SPAM Merupakan Bentuk Program Pemerintah Kota Dumai

Wali Kota Dumai H. Paisal, SKM, MARS di Dampingi Ka. DisPU Riau Satrya Alamsyah, ST, MT Keberadaan SPAM  Merupakan  Bentuk Program Pemerintah Kota Dumai

SUARAKRITIK.COM-DUMAI - Lokasi Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM) Kecamatan Medang Kampai dan Sekitarnya ini berada di Jalan Sri Pulau Kec. Medang Kampai. Nantinya ketika beroperasi secara penuh, SPAM ini akan menghasilkan 125 liter/detik dengan target 4000 unit Sambungan Rumah (SR). 

SPAM ini ditargetkan akan mulai beroperasi pada 30 April 2024. Adapun, SPAM ini merupakan bagian kerjasama antara Pemerintah Kota Dumai dengan pihak ketiga dalam hal ini KSO PT. Adika Tirta Daya dan PT. Bayu Surya Bakti Konstruksi dengan total investasi 109 Miliar Rupiah. 

Adapun air SPAM ini bersumber dari Sungai Kemeli Besar yang mengalir di Kecamatan Medang Kampai. Wali Kota Dumai H. Paisal, SKM, MARS didampingi Ka. DisPU Riau Satrya Alamsyah, ST, MT dan Ka. Dispertaru Muhammad Mufarizal, ST, M.IP menyampaikan bahwa keberadaan SPAM ini merupakan salah satu bentuk program Pemerintah Kota Dumai untuk memberikan akses air bersih yang maksimal terutama kepada masyarakat Kecamatan Medang Kampai. 

Disamping itu, SPAM ini nantinya juga akan melayani area Kawasan Industri Dumai. H. Paisal menyampaikan bahwa pelayanan SPAM akan dimaksimalkan agar kebutuhan rumah tangga di Kecamatan Medang Kampai bisa terpenuhi. 

Kerja sama ini, lanjut Wako, merupakan program Sustainable Development Goals (SDGs) dalam rangka memenuhi kebutuhan air bersih, untuk pembangunan berkelanjutan.

“Kita akan maksimalkan nantinya agar pelayanan SPAM ini bisa dinikmati seluruh rumah tangga di Kecamatan Medang Kampai dan sekitarnya. Alhamdulillah melalui kerjasama dengan pihak swasta, SPAM di Kecamatan Medang Kampai bisa mulai beroperasi” ujar H. Paisal. 

Sementara, Kadis PUPR Dumai Riau Satrya Alamsyah mengatakan bahwa SPAM ini melakukan pengolahan dengan sistem Nano Filter, mengolah air gambut menjadi air layak minum, memanfaatkan instalasi pengolahan air (IPA) yang sudah ada di Kecamatan Medang Kampai

Bersama rombongan, H. Paisal turut meninjau keran air yang telah berfungsi dari SPAM Kecamatan Medang Kampai di Kantor Camat Sungai Sembilan dan Masjid Nurul Thoyyibah. 

Turut hadir dalam kegiatan ini Camat Medang Kampai Indra Gunawan, S.Sos, M.Si, Direktur PDAM Dumai Tirta Bersemai, Direktur PT. Adika Tirta Daya, PT. Bayu Surya Bakti Konstruksi beserta rombongan lainnya. 

 

Sumber Kominfo kota Dumai

Berita Lainnya

Index